Mengatasi Error http 500 saat upload tamplate nilai ARD 2019

Masih membahas tentang seputar Aplikasi Raport Digital (ARD) versi 2.3.3, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi error saat upload template nilai yang dilakukan oleh guru.

Dengan adanya template pada aplikasi raport digital (ARD) tentunya sangat membantu dalam mempermudah pengisian data, baik itu template guru, untuk menginput data guru secara menyeluruh dan cepat,  template siswa, untuk mengupload siswa lebih cepat dibandingkan dengan manual, ataupun template nilai siswa, yang berguna untuk mempercepat proses input nilai siswa oleh guru atau wali kelas.

Untuk mendapatkan template nilai ini, bisa didownload melalui login guru mapel atau wali kelas setelah melakukan login pada aplikasi raport digila tentunya.

Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah dengan cara sebagai berikut:

1. Login dengan akun guru pada aplikasi raport digital
2. Tentukan Bobot dan KKM Mata Pelajaran pada menu Bobot dan KKM
3. Selanjutnya masuk pada menu Input nilai harian
4. Pilih Mapel dan klik cari
5. Klik menu input nilai haian dan selanjutnya
6. Klik menu Import Excel

Dengan langkah-langkah di atas, maka kita sudah mendapatkan template nilai harian, untuk matepelajaran tertentu.

Langkah-langkah tersebut bisa diulangi, untuk mendapatkan template pada setiap matapelajaran yang akan diinput nilainya.

Template nilai ini sangat membantu sekali, dalam proses penginputan nilai, dimana para guru atau wali kelas bisa dengan sangat  mudah melakukan input nilai pada tiap pelajaran yang berupa file excel dan tanpa harus terhubung atau bergantung pada komputer atau laptop server yang ada di sekolah.

Para guru atau wali kelas jadi memiliki waktu yang lebih fleksibel dalam melakukan atau menginput nilai untuk raport pada aplikasi raport digital (ARD) ini, karena bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa harus terhubung ke server.

Ketika proses input nilai sudah selesai, maka selanjutnya bisa login kembali pada akun guru atau wali kelas tentunya dengan cara mengubungkan laptop pada komputer atau laptop server aplikasi raport digital (ARD).

Namun, pada sebagian template ditemukan permasalah saat upload template nilai yang sudah selasai di isi sebelumnya dengan muncul pesan HTTP error 500 seperti nampak pada gambar di bawah ini


Pesan error tersebut muncul karena mungkin saja ada kesalahan yang terdapat pada file excel atau template nilai yang sudah guru atau wali kelas input sebelumnya.

Munculnya pesan http error 500 seperti nampak pada gambar tersebut, bisa saja membuat panik guru atau wali kelas, karena saat melakukan penginputan pada file excel atau template nilai dirasa sudah melakukan penginputan dengan baik dan benar.

Apabila sudah melakukan pengecekan kembali pada file excel atau template nilai yang akan diupload dan tidak menemukan kesalahan, maka langkah selanjutnya yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan cara sebagai berikut :

1. Blok/select seluruh nama siswa pada kolom nama siswa
2. tekan tmbol CTRL+H
3. Pada Find What isikan tanda petik seperi dalam kurung ini ( ' )
4. Replace With dengan tanda petik dibawah tombol esc ( ` )
5. Klik Replace All

Maksuda dari langkah-langkah di atas adalah mengganti tanda ' dengan tanda ` pada seluruh nama siswa yang berada pada template atau file excel tersebut.

Setelah itu dilakukan, jangan lupa untuk melakukan save atau simpan untuk menyimpan perubahan yang telah kita lakukan tersebut.

Langkah selanjutnya kita lakukan upload ulang template tersebut dan apa yang terjadi ?
maka nilai yang sudah kita input pada file excel atau template nilai tersebut diterima dan nilai dapat masuk pada aplikasi raport digital tanpa munculnya pesan http error 500 lagi seperti pada sebelumnya.

Dengan melakukan penggantian ' dengan ` tidak akan berpengaruh pada nama siswa yang memang sebetulnya mengandung tanda ' pada nama sesuai kenyataannya.

No comments:

Popular Posts