Alamat ARD di VirtualBox Berubah

Setelah sebelumnya berhasil menjalankan Aplikasi Raport Digital (ARD) dan melakukan input data sesuai dengan juknis, muali dari mengisi profil lembaga, input data siswa guru dan sebagainya, tiba-tiba saja saya dikejutkan dengan tampilan VirtualBox yang menunjukan IP atau alamat untuk membuka Aplikasi Raport Digital (ARD) tidak seperti biasanya.


Kurang lebih tampilannya menjadi seperti gambar di atas, padahal sebelumnya mucul alamat 192.168.0.102 sesuai dengan server ARD di juknis.

Ternyata penyebab berubahnya url untuk membuka Aplikasi Raport Digital ini adalah settingan pada VirtualBox yang mungkin berubah akibat pengaturan-pengaturan yang telah kita lakukan. 

Hal seperti ini bisa juga terjadi pada Operator yang pertama kali menjalankan Aplikasi Raport Digital, yang mungkin saja lupa atau mungkin belum begitu menguasai cara mengatur jaringan pada Aplikasi VirtualBox untuk Aplikasi Raport Digital ini.

Setelah Kita mengetahui penyebab dari berubahnya alamat untuk membuka aplikasi rapot digital ini, tentunya kita dengan mudah melukan penangan pada masalah tersebut, dan untuk mengetasi masalah tersebut kita bisa melakukan hal sebagai berikut :

1. Buka aplikasi VirtualBOX
2. Klik menu jaringan / Network
3. Klik Adaptor 1 
4. Fungsikan Adaptor Jaringan dengan cara klik pada checkbox sehingga menjadi ceklis
5. Pada Terpasang Pada : ( sesuaikan dengan kebutuhan )

6. Klik OK

Bila sudah melukan pengaturan sesuai dengan langkah-langkah di atas, kemungkinan alamat pada Aplikasi Raport Digital akan kembali sesuai dengan yang kita inginkan yaitu 192.168.0.102.

No comments:

Popular Posts