Error 500 di Exambro Client

Cerita berawal sejak admin diminta untuk menjadi Teknisi pada kegiatan UNBK tahun pelajaran 2019/2020, yang ini merupakan pengalaman pertama dengan segala keterbatasan pengetahuan dan kemampuan yang admin dimiliki. Berangkat dari rasa ingin tahun yang tinggi bagaimana seorang teknisi itu bekerja atau bertugas dalam sebuah kegiatan UNBK tersebut.

Mulai dari membuat jaringan sebuah lab komputer yang waktu itu saya setting menjadi 20 client saja dalam satu ruangan lab komputer dengan topologi star. Saya menggunakan topologi star ini dengan berbagai asalan yang salah satu alasannya adalah mudah untuk dirancang dan juga lebih mudah untuk menemukan sumber permasalahan jika terdapat gangguan di salah satu node.  

Setelah jaringan suskses dibangun dan dengan koneksi yang lumayan stabil, tibalah saatnya pada waktu yang ditunggu-tunggu yaitu saat ujicoba aplikasi untuk UNBK, awalnya semua berjalan lancar, sampai pada suatu saat ketika saya menggunakan salah satau laptop untuk klient menemukan maslah Error 500 seolah mengisyaratkan bahwa client tidak bisa dilayani oleh server.

Penyebab Error 500 


Salah satu penyebab error 500 yang saya alami pada waktu itu adalah karena client yang mengalami error 500 tersebut memiliki pengaturan yang kurang tepat dan kuurang sesuai dengan pengaturan yang seharusnya, walaupun dalam pengaturan IP address sudah benar.

Seletah saya mencari tahu penyebab dari error 500 pada client tersebut, ternyata saya menemukan salah satu penyebab yang menjadi sumber utama dari penyebab munculnya pesan error tersebut pada laptop client.

Penyebabnya tak lain adalah karena pada laptop clinet tersebut terinstall aplikasi VirtualBox  dan juga pada laptop client tersebut juga mengaktifkan jaringan Virtualbox.

Mengatasi Error 500


Untuk mengataasi error 500 yang disebabkan oleh adanya aplikasi vitualbox yang terdapat pada laptop client tersebut, kita bisa menanganinya dengan cara sebagai berikut.

1. Masuk pada pengaturan jaringan 
2. Klik kanan pada jaringan virtualbox dan pilih disable 

Dengan langkah-langkah sederhana di atas, maka sayapun terbebas dari peringatan error 500 pada laptop client yang akan digunakan.

Bila cara di atas tidak berhasil, ada kemungkinan bejalannya sebuah script atau perintah yang menyebabkan munculnya pesan error 500 tersebut pada laptop client, walaupun sebenarnya ini jarang terjadi, tetapi tidak menutup kemungkinan.

No comments:

Popular Posts