Kembali membahas tentang aplikasi raport digital atau yang sering kita sebut denga ARD yang kali ini untuk semester 2 atau semester genap ini tentu hal yang menarik untuk kita perhatikan tentunya.
Untuk dapat mengerjakan raport di semester 2 atau semester genap pada aplikasi raport digital (ARD) ini, sebenarnya kita bisa menggunakan VDI yang sudah ada atau pernah digunakan untuk semester 1 sebelumnya, dengan catatan di backup terlebih dahulu datanya, bisa berupa databasenya atau kalau mau lebih yakin, kita bisa membackup file VDI dengan cara digandakan terlebih dahulu, sehingga kalau terjadi kesalahan atau hal yang tidak diinginkan terhadap file VDI tersebut, kita masih memiliki salinan datanya.
Lalu bagaimana cara memulai untuk mengerjakan aplikasi raport digital pada semester genap ini ?
Beberapa langkah-langkah di bawah ini mungkin bisa membantu, untuk tahapan memulai pengerjaan aplikasi daport digital semster genap dengan menggunakan VDI semseter ganjil.
1. Gandakan terlebihdahulu file VDI ARD semester sebelumnya
Langkah ini dilakukan untuk mengamankan file VDI semester 1 dan apabila terjadi kendala pada pengaturan di semseter 2 ini, kita masih memilki file VDI yang masih berisi data pada semester 1 tentunya.
2. Konfigurasi Semester
Pada konfigurasi semester di aplikasi raport digital, kita akan mengubah pilihan semester dari yang sebelumnya semester 1 menjadi semester 2 atau genap
3. Konfigurasi Cetak Raport
Disini kita dapat mengatur Tempat dan tanggal kapan raport semester 2 ini akan dicetak
4. Hapus Mata Pelajaran
Menghapus seluruh matapelajaran yang ada dengan maksud dan tujuan menghapus juga data yang masih menempel seperti nilai dan KKM berikut beban jam semester sebelumnya pada mata pelajaran tersebut.
5. Hapus Muatan Lokal
Hampir sama seperti pada point 4 di atas, hal yang sama juga dilakukan pada muatan lokal dengan maksud dan tujuan yang sama.
6. Hapus Mapel di Guru (bila masih ada)
Hapus matapelajaran pada menu guru ini dilakukan, bila setelah melakukan hapus seluruh mapel, masih terdapat mapel yang di ampu pada menu guru.
7. Tambah Mapel
Setelah semua mata pelajaran di hapus, selanjutnya kita bisa sinkonkan kembali mata pelajaran yang tersedia untuk semester 2 atau semseter genap ini
8. Tambah Muatan lokal
Hal yang sama pun kita lakukan untuk menambahkan kembali muatan lokal yang dikhususkan untuk semster 2 ini
9. Atur Kembali Mapel yang Diampu Oleh Guru
Langkah selanjutnya adalah kita mengatur ulang mata pelajaran apa saja yang diampu oleh guru A, B, C dan seterusnya.
10. Atur KKM di Akun Guru Masing-masing
Setelah operator Madrasah menyelesaikan tahapan sampai nomor 9, maka selanjutnya tugas guru untuk melakukan login diakun masing-masing dan menginput nilai KKM.
No comments:
Post a Comment