Sikurma Rapor Digital Madrasah

Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan semakin pesat dengan dorongan sarana dan prasarana yang semakin menunjang dalam pemanftannya. 

Ditahun 2018 ini telah lahir aplikasi pendataan nilai siswa (rapor digital) yang berbasis web yang beralamat di http://sikurma.kemenag.go.id/ard/, dimana para pendidik memberikan nilai rapor yang di input secara online.

Bagi pendidik agar bisa mendapatkan akses pada alamat http://sikurma.kemenag.go.id/ard/ ini Operator Madrasah harus mendata guru tersebut secara detail dan memberikan user dan password untuk dapat mengakses dan masuk kedalam situs tersebut.

Input Data Guru Pada Aplikasi Rapor Digital 

Untuk mendaftarkan guru pada aplikasi rapor digital bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama dengan cara manual satu persatu, dan yang kedua dengan cara mendaftarkan guru secara kolektif menggunakan file excel dengan format yang sudah disediakan, bisa dilihat pada gmabar di bawah ini

 

Setelah berhasil mengupload data guru, selanjutnya kita melengkapi data guru dan memberikan password untuk bisa login pada http://sikurma.kemenag.go.id/ard/ dan menentukan KKM, Nilai Harian dan Nilai Akhir.


Pada tampilan di atas, Operator melengkapi data lengkap data guru, mulai dari Foto sampai alamat, yang jadi catatan penting pada NIP dan Password harus terisi karena ini yang digunakan guru untuk bisa login pada web aplikasi rapor digital.

Halaman Guru 

Setelah guru didata dan didaftarkan oleh Operator Madrasah, kemduain guru mendapatkan user name dan Password untuk dapat masuk pada web http://sikurma.kemenag.go.id/ard/ dan selanjutnya guru menentukan KKM, menginput nilai harian dan nilai akhir pada aplikasi tersebut, 


Gambar di atas, adalah tampilan pada halaman web aplikasi setelah guru melakukan login pada http://sikurma.kemenag.go.id/ard/ dan selanjutnya guru melakukan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan Operator Madrasah Pada saat pengerjaan di aplikasi rapor tersebut:
Terkait pengisian Data Guru dan Siswa Madrasah di ARD madrasah. Bagi guru yg blm punya NIP dan NUPTK serta Siswa yg blm punya NISN maka diisi dengan angka sebanyak 13 digit, yg terdiri:
2 digit kode provinsi
2 digit kode kab/kota
3 digit kode madrasah
2 digit kode tanggal lahir
2 digit kode bulan lahir
2 digit kode tahun lahir

Contoh Nama Dr. Bejo Slamet
Guru MAN 1 Kota Gorontalo
Lahir 17 Agustus 1975

Ditulis: 3001001170875

Keterangannya:
30 prov Gorontalo
01 kota Gorontalo
001 MAN 1 Kota Gorontalo
17 tanggal lahir
08 bulan lahir
75 tahun lahir


NUR HASANAH
Siswa MAN 1 Kota Gorontalo
Lahir 12 Februari 2002

Ditulis:
3001001120202 

No comments:

Popular Posts