Cara Mudah Mengetahui IP Address Pada PC/Laptop

Mengetahui ip address pada sebuah PC/Laptop kadang sangatlah diperlukan untuk kebutuhan tertentu, salahsatunya untuk kebutuhan dalam membuat sebuah jaringan komputer, agar satu komputer dengan yang lalinya bisa terhubung.

Jaringan komputer yang akan dibangun bisa saja berupa jaringan yang menggunakan kabel, atau  mungkin bahkan jaringan nirkabel atau jaringan tanpa menggunan kabel.

Ada beberapa cara untuk bisa mengetahui sebuah IP address pada sebuah PC/Laptop, baik yang menggunakan cara biasa atau bahkan bisa dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Cara mudah mengetahui ip address pada PC/Laptop bisa kita lakukan dengan menggunakan perintah cmd dengna cara sebagai berikut:

1. Buka aplikasi CMD 
  • tekan tombol Windows + R kemudian ketik cmd dan tekan enter
2. Ketik perintah ipconfig kemudian tekan enter dan hasilnya akan nampak seperti pada gambar


Dari perintah di atas kita bisa melihat,  ip address yang dimiliki sebuah PC/Laptop tersebut adalah 192.168.1.100 dan ip tersebut didapat dari koneksi menggunakan wifi.

Namun, bila kita ingin mengetahui lebih detail selain hanya ip address, maka kita bisa menamahkan peintah pada command promt menjadi ipconfig /all dan hasilnya kita bisa mengetaui data lebih detail.

Demikian cara singkat dan mudah mengetahui ip address sebuah PC/Laptop.

No comments:

Popular Posts