Menemukan Tangal Lahir Pada NIK Untuk ARD

Pada Nomor Induk Kependudukan atau NIK sebenarnya sudah termuat tentang tanggal lahir, bulan lahir dan tahun lahir, namun terkadang ada saja yang tidak menyadarinya akan hal tersebut atau mungkin tidak terlalu meperhatikannya.

Sebenarnya dalam berbagai pendataan, tangal lahir selalu disertakan dan bagi beberapa pendataan disertakan dengan Nomor Induk Kependudukan atau NIK yang terdapat pada KTP atau Kartu Keluarga.

Begitu juga pendataan yang dilakukan di Sekolah atau Madrasah, penggunaan NIK ini menjadi hal yang sangat penting dalam berbagai pendataan.

Seperti halnya dalam pendataan aplikasi EMIS, dan Aplikasi Rapor Digital yang baru saja lahir pada tahun 2018 ini 😁

Karena Pendataan pada aplikasi Rapor Digital (ARD) data yang di inputkan hampir sama pada aplikasi EMIS, untuk mempermudah dan mempercepat pengerjaannya, kita bisa saja mengambil data dari aplikasi emis dan menginputkannya di aplikasi rapor digital.

Ada beberapa perbedaan data yang diminta pada aplikasi rapor digital dibanding dengan emis, dimana kita diminta untuk menginput tanggal lahir ayah dan ibu atau wali dari peserta didik.

Untuk mempermudah dan mempercepat proses pengerjaannya, kita bisa mengambil datanya dari emis yang berupa Nomor Induk Kependudukan, karena pada aplikasi emis tidak ada inputan tanggal lahir orang tua atau wali dari peserta didik.

Cara Mengambil Tanggal Lahir Dari NIK   

Bagaimana caranya untuk mendaptkan tanggal lahir yang berasal dari data NIK, ini tentunya sangatlah mudah, kita bisa membaca pada NIK tersebut pada digit ke berapa tanggal lahir itu berada. 

Namun bila dilakukan secara manual tentunya ini juga bukan pekerjaan yang ringan, karena memerlukan ketelitian dan waktu yang relatif lama.

Untuk mempermudahnya kita bisa menggunakan bantuan dari aplikasi Microsoft Office Excel yang telah kita beri rumus sebelumnya, dan kemudian kita tinggal meletakan no NIK yang sudah ada tadi dan mendapatkan hasil atau perubahan menjadi tanggal lahir sesuai yang kita harapkan.


Untuk medapatkan filenya bisa di download di sini 

No comments:

Popular Posts