Aplikasi Cetak SHAUBD

Bagi para Operator Madrasah atau yang mengelola data pada siswa tingkat akhir, jenjang MI khususnya, tentu sudah tidak asing lagi dengan blangko-blangko yang berkaitan dengan nilai siswa/i. 

Pada tahun pelajaran kemarin, kita telah mendaptkan blangko format baru yaitu blangko SHUABD. Untuk mencetak SHUABD tahun 2017, saya lebih memilih untuk menggunakan aplikasi Microsoft Office Excel karena dirasa lebih mudahkan dan keakuratan data hasil cetak yang cenderung akurat.

Adapun fungsi atau rumus dominan yang digunakakn adalah =VLOOKUP dimana kita dipermudah untuk memanggil data yang berbada pada sheet tertentu tanpa harus bolak balik sheet. Para operator tentunya sudah sangat paham tentang hal ini 😁

Fungsi VLOOKUP ini saya gunakan untuk membantu mempermudah dan memepercepat proses pencetakan  SHUABD untuk jengjang MI tahun 2017, dalam proses pencetakannya saya menggungan printer Ep**n tipe L120 dan hasilnya Alhamdulillah sesuai yang diharpkan.

Namun saya belum mencoba pada jenis dan tipe printer lainnya, karena mungkin saja hasilnya tidak akan sama persis seperti yang saya dapatkan dengan printer dengan merk dan tipe tertentu. walaupun demikian saya yakin hasilnya tidak akan terlalu jauh berbeda.

File excel untuk cetak SHUABD ini saya menggunakan Microsoft Office Excel 2010, yang mungkin saja pada excel 2010 kebawah fungsi Spinner tidak berfungsi, jadi saya sarankan untuk munggunakan file ini menggunakan Microsoft Office 2010 saja 😀(optional).

Perhatian
*Jangan langsung diprint pada blangko untuk meminimalisir kesalahan.
Cetak di kertas biasa ukuran A4 terlebih dahulu, bila memang hasil cetak sudah sesuai dengan yang diingikan. selanjutnya, baru print di kertas blangko SHUABD.

Download File dengan password : salam487.blogspot.co.id

No comments:

Popular Posts