Mengamankan File Dari Serangan Virus

Serangan virus komputer pada sebuah file sangatlah berbahaya, apalagi kalau file yang diserang oleh virus adalah file yang sangat penting bagi kita. 

Serangan virus komputer bisa saja terjadi kapan saja, ketika kita lengah dan kemanan file sedangan tidak terlindungi oleh sebuah antivirus.

Virus bisa saja menjangkiti sebuah file yang berada pada Sistem Operasi yang kita gunakaan, bila hal ini terjadi tentunya akan menjadi sebuah masalah tersendiri terutama pada PC yang kita gunakan, bisa saja hal terburuk terjadi seperti PC tidak mau masuk kedalah tampilan windows seperti biasanya (bila kita menggunakan Sistem Operasi berbasis Windows).

Serangan virus terhadap file-file dokumen, gambar, musik, atau aplikasi ini bisa kita minimalisisr dengan beberapa trik sederhana yang bisa kita gunakan dan tentunya sangat mudah dilakukan.

Tidak jarangan sebuah virus yang memang ditujukan untuk beberapa file dengan extensi tertentu seperti .exe .doc .jpg dan sebagainya, untuk meminimalisir penyerangan virus tersebut, sebenarnya kita bisa memakai antivirus untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Banyak cara yang bisa digunakan, seprti menggunakan karakter unik pada folder tempat menyimpan file, membuatnya kedalam sebuah file iso, atau zip, rar atau mungkin 7z.

Namun disini saya akan berbagi cara sederhana yang saya anggap setidaknya dapat mencegah dan membantu dalam melindungi sebuah file dari serangan virus terutama terhadap file-file master aplikasi yang rentan terhadap serangan dari virus.

Cara yang saya gunakan sangatlah sederhana, yaitu dengan menambahkan sebuah karakter pada akhiran extensi sebuah file atau menghapus extensi sebuah file dengan catatan kita dapat mengingatnya kembali, file jenis apa yang kita edit tadi.

Saya lebih memilih untuk menambahkan karakter pada akhiran extensi sebuah file, karena dapat mempermudah untuk mengingat jenis file apa yang telah kita edit sebelumnya.

Cara Mengamankan File Dari Serangan Virus

1. Buka explorer dengan menakan tombol Windos + E secara bersamaan 
2. Kilik View dan klik Options ( Win8) ubah pengaturan sesuai seperti gambar

Mengamankan File Dari Serangan Virus

3. Klik OK
4. Klik file yang akan kita edit exentsinya
5. Kemudian rename (hapus atau tambahkan karakter diakhir extensi) kemudian enter 
6. Bila muncul pertayaan pilih Yes 

Beginilah hasilnya
Mengamankan File Dari Serangan Virus

 Sebelumnya 
Mengamankan File Dari Serangan Virus

Dengan cara sederhana seperti ini, saya rasa file akan aman dari virus yang menyerang pada extensi tertentu, tertama pada extensu exe. 

Hal ini dapat kita lakukan juga pada extensi lainnya untuk mengamankan file-file pentinga dari serangan virus yang tidak kita harapkan tentunya 😃  

No comments:

Popular Posts