Cara Membuat Daftar Isi

Daftar isi merupakan hal yang selalu harus ada pada setiap karya ilmiah, skripsi atau mungkin makalah dan buku, keberadaannya akan membantu mempermudah seorang pembaaca, penguji atau penggemar sebuah karya tulis dalam mencari sebuah judul dalam halaman.

Karena itulah sebuah daftar isi selalu diposisikan pada awal sebuah buku, biasanya setelah kata pengantar dan ucapan terimakasih dari sang penulis.

Bisa dibayangkan apabila sebuah buku, skripsi atau karya ilmiah lainnya tidak memeliki sebuah daftar isi, tentunya para pembaca akan kesulitan dalam mencari sebuah tema pada bab dan sub bab tertentu yang akan mereka cari.

Mengingat pentingnya sebuah daftar isi pada sebuah buku, skripsi atau bahkan profosal sekalipun, di sini kita akan belajar bagaimana caranya untuk membuat sebuah daftar isi pada aplikasi microsoft office word.

Untuk membuat sebuah daftar isi, dalam aplikasi microsoft office word sangatlah muda, apalagi pada versi 2007 ke atas sudah disediakan dengan pilihan tabel otomatis.

Kemudahan ini didukung dengan pilihan pembuaatan tabel secara manual, yang nantinya bisa disesuaikan dengan keinginan atau kebutauhan sebuah daftar isi pada file kita tentunya.


1. Buka aplikasi microsoft office word 
2. Pilih menu References
3. Pada Table of Contens pilih manual table  dan hasilnya akan nampak seperti pada gambar 
Untuk mengatur perataan kiri pada table daftar isi bisa menggunakan menu Decrease Indent yang terdapat pada menu Home sub menu Paragraph dan hasilnya bisa seperti gambar di bawah dan tentunya bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan.
Demikian cara membuat daftar isi dengan cara yang sangat mudah, pada aplikasi microsof office word, dan bisa anda terapkan pada aplikasi microsoft office 2007, 2010, 2013, 2016 atau versi terbaru lainnya.

No comments:

Popular Posts