Cara Membuka Aplikasi ARD Versi 2.3.3 2019

Dalam pekermbangannya, aplikasi raport digital sudah menunjukan perubahan yang sbegitu cepat, dari mulai menggunakan aplikasi berupa file excel yang dikerjakan secara offline sampai dengan aplikasi yang online. 

Pada tahun 2019 tepatnya pada 5 juli 2019 telah dikeluarkan Aplikasi Raport Digital (ARD) yang berupa file VDI, dimana untuk mengerjakannya kita tidak lagi harus selalu online.

Aplikasi Raport Digital (ARD) untuk jejang MI yang menggunakan file VDI mungkin inti terbilang baru, karena untuk membuka file VDI tersebut harus menggunakan aplikasi tambahan seperti Oracle VM VirtualBox.

Untuk dapat menjalankan aplikasi raport digital yang berupa file vdi 2019 kita dapat melakukan langkah-lagkah sebai berikut :

Sebelumnya persiapkan terlebih dahuli file-file yang akan kita butuhkan 

1. Download terlebih dahulu file ARD.vdi yang dikeluarkan 5 Juli 2019
2. Download Aplikasi VirtualBox   saya menggunakan yang versi 5

Apabila kedua file tersebut telah di download, extrak file terlebih dahulu file ARD, selanjutnya install aplikasi virtualbox.

Selanjutnya kita lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi VirtualBox
2. Kemudian Klik Baru 

Pada kali ini saya menggunakan pengaturan seperti berikut : nama saya isikan: ARD untuk Type saya pilih linux dan versi saya pilih Debian 64 bit, sehingga hasilnya menjadi seperti gambar di bawah 


3. Bila sudah melakukan pengaturan seperti ini, kita bisa klik lanjut, untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, dan setelah klik lanjut kirta akan dihadpkan pada tampilan seperti pada gambar di bawah

"Pada beberapa laptop terutama generasi terbaru pilihan 64bit kadang tidak mucul, ini disebabkan karena ada beberapa hal yang menyebabkannya, salahsatunya adalah pengaturan bios, pengaturan fitur pada windwos, atau mungkin memang memerlukan reset pada windows terbebut"  


4. Pada tahapan ini usahakan ukuran tersebut jangan sampai menyentuh batas warna merah, untuk mendapatkan hasil yang terbaik tentunya 😀 klik lanjut untuk melanjutkan ketahap berikutnya 


5. Pada dialogbox ini, kita memilih options yang ke tiga, dimana kita meilih menggunakan berkas hardisk virtual yang ada, maksudnya yang sudah tersimpan di hardisk kita, dengan menakan ikon folder pada kotak dialog tersebut dan arahkan pada file Aplikasi Raport Digital (ARD) yang telah kita download tadi yang telah di extrak tentunya. setelah file ARD ditemukan maka klik open.

6. Selanjtunya kita tinggal melakukan pengaturan-pengaturan agar aplikasi daport digital ini bisa berjalan pada virtualbox ini.


Ketika mengklik menu pengaturan maka akan nampak kotak dialog seperti nampak pada gambar di atas.

Untuk dapat menjalankan aplikiasi raport digital, sebenarnya kita hanya melakukan sedikit pengaturan lanjutan pada settingan system dan jaringan.

- Setting system pada tab prosesor kita naikkan nilainya menjadi 2 dan pada 
- Jaringan, saya menggunakanpengaturan seperti pada gambar 


   Pengaturan di atas saya gunakan, karena saya akan menjalankan Aplikasi Raport Digital (ARD) hanya pada satu laptop saja, dan tidak dibuat jaringan. 

"Untuk membuat Aplikasi Raport Digital bisa dibuka pada Laptop/PC client dalam artian dibuat jaringan, maka akan kita bahas pada pertemuan berikutnya" 

Selanjutnya klik OK dan kita tinggal menjalanakan pengaturan-pengaturan yang telah kita buat dengan menekan Mulai dan menuggu proses berjalan untuk dapat membuka aplikasi raport digital 2019.


Apabila kita sudah mendapatkan tampilan login seperti pada gambar di atas, selanjutnya kita tinggal membuka aplikasi browser seperti mozila, chrome dan sebagainya dan memasukkan ip yang tertera pada layar tersebut pada address bar kemduian enter.

Apabila berhasil, kita akan mendapati tampilan Aplikasi Raport Digital 2019 seperti pada gambar di bawah


Sudah sampai tahan ini, kita tinggal melakukan login, dengan user dan password yang telah kita dapatkan.

Sampai disini dulu pembahasan membuka Aplikasi Raport Digital (ARD) 2019. 

No comments:

Popular Posts