Membagi Partisi Pada Laptop Baru


Membagi partisi hardisk yang sudah berisi windows atau data-data penting sebanarnya memang sedikit menimbulkan kekhawtiran bagi yang akan melakukannya, terlebih bila pertama kali melakukan hal stersebut, walaupun didukung dengan berbagai sumber informasi yang di dapat dan dengan dukungan aplikasi yang semakin canggih, hal tersebut tetap saja memerlukan ketelitian dalam melakukannya.

Membagi partisi hardisk, biasanya dilakukan dengan berbagai alasan, entah itu karena hanya sekedar ingin memperbanyak drive di laptop/PC atau mungkin karena ingin mengubah ukuran partisi sebelumnya dan mungkin juga karena ketika kita membeli sebuah laptop baru yang sudah berisi windows yang biasanya hanya terdapat satu partisi saja yaitu partisi untuk drive C yang digunakan untuk windows dan penyimpanan data dalam satu drive C.

Mungkin ketika kita mendapati laptop yang hanya terdapat satu drive C saja merasa kurang pas ketika segala dokumen entah itu file gambar, musik, atau file-file lainnya bersatu padu dengan drive system windows, yang apabila suatu saat terjadi kedala pada system windows, kita harus direpotkan dengan harus membackup data-data penting tersebut ke media lain, karena laptop hanya memiliki satu drive C saja.

Lain halnya dengan apabila kita memilki drive lebih dari satu, tidak hanya C saja, kita bisa lebih leluasa menyimpan file-file penting di drive lainnya, sehingga ketika terjadi kendala atau pada system windows kita tidak akan direpotkan dengan yang namanya backup data sebelum melakukan perbaikan pada system windows tersebut dalam hal ini misalnya harus direset windows atau mungkin diinstall ulang.

Bagaimana cara membuat partisi baru ?


Sebenarnya banyak cara untuk membuat partisi baru pada laptop atau PC kita, yang akan kita bahas kali ini adalah, bagaimana cara membuat partisi baru pada laptop baru kita, menggunakan bantuan aplikasi AOMEI Partition Assistant 8.1 Technician 

Untuk membuat partisi baru pada laptop baru yang sudah berisi windows yang hanya terdapat satu partisi saja, kita bisa menggunakan bantuan aplikasi AOMEI Partition Assistant 8.1 Technician yang memiliki banyak sekali kelebihan dibanding dengan aplikasi sejenisnya.

Biasanya laptop baru yang kita beli sudah berisi windows 10 Pro, dimana aplikasi AOMEI Partition Assistant 8.1 Technician ini sudah mendukung penuh terhadap windows 10, sehingga saat digunakan tidak akan menemukan kedala apabila digunakan sesuai prosedur tentunya😁.

Kelebihan dari aplikasi AOMEI Partition Assistant 8.1 Technician ini adalah saat kita membuat partisi baru, data atau bahkan system windows yang sudah terinstall tidak akan mengalami kerusakan atau kehilangan file saat melakukan pembagian partisi baru.

Langkah-langkah membuat partisi baru 


1. Download aplikasi AOMEI Partition Assistant 8.1 Technician
2. Install Aplikasi tersebut dan jalankan. pada tampilan pertama aplikasi akan telihat tampilan seperti di bawah ini 


3. Untuk membuat partisi baru pada drive C seperti gambar di atas, kita tinggal memilih menu split partition pada menu Partition Operations atau klik kanan pada drive C dan pilih menu split partition. 
4. Tentukan ukuran dari partisi yang akan kita buat sesuai dengan keinginan 
5. Selanjutnya klik Apply dan ikuti prosesnya 


6. Apabila muncul pesan tinggal pilih YES atau OK saja sampai proses berjalan selesai.

Dengan bantuan aplikasi ini, kita sudah bisa membuat partisi baru tampa harus kehilangan file atau system operasi yang saat ini berjalan sekalipun, aplikasi nya bisa di search dan di download di google 😁

No comments:

Popular Posts