Mengubah Settingan Default Microsoft Office Word

Ketika menggunakan aplikasi microsoft office word pada khususnya, kita sudah diberikan settingan font yang sudah di set tertentu pada saat akan menggunakan aplikasi tersebut, seperti halnya untuk jenis font huruf, ukuran dan formatnya, selain itu juga ukuran kertasnya pun sudah di set ke ukuran tertentu.

Pada aplikasi microsoft office word 2010 yang biasa saya pakai, untuk jenis font sudah di set ke jenis huruf Calibri dengan ukuran huruf 11 dan dengan rata kiri tentunya 😁. Nah, tentunya bagi saya yang terbiasa menggunakan jenis huruf Times New Roman (Headings CS) dengan ukuran huruf 12, saya harus mengubah terlebih dahulu jenis huruf dan ukuran serta paragraf yang sesaui dengan yang dinginkan, atau mungkin bisa saja saya lakukan pengubahan tersebut setelah teks semuanya saya ketikan sudah selesai, baru saya ganti jenis huruf dan ukurannya.

Namun alangkah lenih nyaman nya ketika saya mengetik kan dari huruf pertama samapai akhir sudah sesuai dengan yang saya inginkan sehingga, setelah beres kita mengetikan teks yang akan di print, kita tinggal langsung mencetaknya tanpa harus mengubah-ubah lagi dan menyesuaikan dengan ukuran kertas.

Untuk Mengubah Settingan Default Microsoft Office Word atau mungkini warna huruf menjadi default ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan diantaranya :

Mengubah Jenis dan ukuran huruf

1. Buka Aplikasi Microsoft Office Word (di sini saya menggunakan Office 2010 )
2. Kemudian kita bisa menekan tombol kombinasi Ctrl+D  sehingga akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini:


3. Ubah jenis, ukuran, warna dan font huruf sesuai dengan yang kita inginkan 
4. Klik Set As Default kemudian akaman muncul pilihan, apakah digunakan untuk dokumen yang sedang dibuka saja, atau untuk seluruh dokumen yang akan kita gunakan. 
5. Selanjutnya klik OK    

Mengubah Ukuran dan format Kertas

Untuk mengubahnya kita bisa melakukan langkah-langkah berikut :

1. Buka aplikasi microsoft office word
2. Plilih menu Page Layout kemudian klik page setup atau kita juga bisa melakukan double klik pada garis di microsoft office word sehingga muncul kotak dialog seperti gambar di bawah:


3.  Untuk mengatur ke kertas F4 biasanya saya mengubah ukuran Height menjadi 33 cm, pada jenis kertas Letter, dan bila sudah di tentukan nilainya klik Set As Default dan pilih OK

Dengan demikian ketika kita membuka aplikasi microsoft office word, maka settingan yang telah kita tentukan tadi, akan secara otomatis menjadi settingan default baru yang sesuai dengan yang kita inginkan😄.

No comments:

Popular Posts