Membuat Rumus Terbilang Satuan

Bagi kami para Operator Madrasah 😀 ataupun anda yang terbiasa bekerja dengan microsoft office excel menggunakan rumus terbilang mungkin sudah menjadi hal yang harus dipelajari dalam penguasaan aplikasi microsoft office excel ini, bagaimana tidak rumus terbilang ini sangatlah diperlukan dalam membantu mempermudah proses pengerjaan sebuah pekerjaan yang dikerjakan dengan aplikasi microsoft office excel ini.

Pada proses pencetakan SHUABD lulusan tahun kemarin, tentunya akan sangat mudah apabila kita mennggunakan aplikasi microsoft office excel. Bagaimana tidak, kita tinggal membuat format awal pada sheet yang satu dan pada sheet lain kita tinggal memasukan data-data yang kita perlukan yang nantinya akan kita panggil dengan fungsi =HLOOKUP yang telah disediakan pada aplikasi microsoft office excel ini.

Namun ada yang menarik pada pencetakan SHUABD ini, dimana kita akan membahas cara membuat rumus terbilang pada microsoft office excel, yang mungkin untuk terbilang pada angka biasanya sudah banyak yang bahasnya dan sudah banyak sekali add-ins yang telah membuatnya, sebagai contoh apabila kita mengetikan 1.000 maka pada cell lain kita tinggal memanggil fungsi =terbilang dan secara otomatis maka cell tersebut akan terisi dengan kalimat Seribu Rupiah sangat mudah bukan ? 😀 jadi kita tidak perlu lagi megetikan seribu rupiah.

Nah... pada kali ini kita akan membuat rumus terbilang yang sedikit berbeda, karena kita peruntukan untuk membuat terbilang pada aplikasi cetak SHUABD yang biasanya kita akan menuliskan 90,0 dan akan dibaca menjadi sembilan nol koma nol.

Membuat Rumus Terbilang Satuan

Baik untuk membuat rumus seperti di atas, kita tinggal menggunakan beberapa langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi microsoft office excel 
2. Tulis lah anga-angka (90,0) bertipe teks 
3. Kemudian pada cell terbilang kita masukkan rumus di bawah ini 


4. Dengan demikian maka kita tidak perlu repot-repot menuliskan sembilan nol koma nol untuk menjabarkan 90,0  dan hasilnya akan seperi pada gambar di bawah ini 


Semoga bermanfaat 😀

No comments:

Popular Posts