Judul Halaman Pada Setiap Lembar di Excel

Mengerjakan sebuah file di aplikasi microsoft office excel menjadi hal yang sangat biasa ketika kita mendapati data yang yang harus di print terdiri dari beberapa lembar dengan tema yang sama. Untuk mencetaknya tentunya kita tidak harus memberikan judul seacara mannual dalam aplikasi microsoft office excel, karena kita dapat menentukan bagian baris mana yang akan dijadikan judul pada setiap lembar nantinya.

Pada aplikasi microsoft office excel, kita tapat membuat judul dari baris yang akan kita jadikan judul pada setiap lembar dari sebuah tabel yang akan kita print. 

Seperti hal nya saya, ketika mencetak data siswa yang terdiri dari ratusan siswa, tentunya ini akan memerlukan beberapa halaman kertas untuk mencetak nya, nah... untuk membuat judul tabel pada tiap halaman supaya dapat ditampilkan secara otomatis, maka biasanya saya menggunakan peintah Print Titles yang terdapat pada menu Page Layout sehingga kita tidak perlu lagi memisahkan antar lembar dan memberikan judul pada tiap lembar yang terpisah.

Judul Halaman Pada Setiap Lembar di Excel

Untuk dapat menggunakan perintah di atas kita dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi microsoft office excel
2. Buka file yang akan kita cetak 
3. Klik menu Page Layout dan pilih Print Titles (di sini saya menggunakan aplikasi microsoft office 2010)
4. Maka akan di tampilkan kotak dialog seperti pada gambar di bawah ini:


5. Karena disni saya akan menggunakan beberapa baris untuk judul pada setiap halaman yang akan di cetak, maka saya mememilih Rows to repeat at top. dan klik 
6. Selanjutnya akan pada kotak dialog Page Setup - Rows to repeat at top. kita tinggal mengisi baris mana saja yang ajan dijadikan judul pada tiap halaman (tinggal di blok barisnya)

Dengan demikian, ketika kita angan mencetak beberapa halaman data, maka, secara otomatis pada tiap halaman, akan terdapat judul yang telah kita tentukan tadi, dengan demikian, tidak perlu memisahkan data menjadi beberapa halaman terpisah untuk memberikan judul pada setiap halamannya.

No comments:

Popular Posts