Cara Merubah Rotasi Layar Desktop

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentunya kita di tuntut bisa menyesuaikan dengan berbagai perubahan yang tidak bisa dielakan lagi. Kebutuhan akan PC, Netbook atau Notebook tetunya menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi beberapa orang. kebanyakan orang pengguna PC, Netbook atau Notebook itu menggunakan sistem operasi Windows, karena dirasa sangat mudah digunakan dan memiliki tampilan yang menarik.

Dalam penggunaanya selain digunakan untuk memudahkan pekerjaan, PC, Netbook atau Notebook ini biasanya juga digunakan untuk media hiburan, seperti memainkan musik, pemutar video dan berbain games, namun dalam penggunaan seperti main games beberapa games menggunakan keyboard sebagai kontrolernya, pada sebagian games, ada yang menggunakan tombol ctrl, spasi, dan arah. namun bebrapa orang yang sedang asik memain games dan fokus pada layar biasanya tidak lagi memperhatikan tombol keyboard yang ditekannya mungkin bisa saja karena sudah sangat hapal dimana letak atau posisi tombol-tombol yang biasa digunakan, tetapi tidak jarang ada yang salah menekan tombol apalgi bagi pemula dalam menggunakan PC dan tak jarang menekan tombol yang salah atau tidak sesuai dengan yang akan dimaksud sehingga menimbulkan respon yang berbeda tentunya dan bagi sebagian pengguna akan menimbulkan kepanikan juga ^_^.

Dalam penggunakan Sistem Operasi Windows, baik itu windows Xp sampai yang terbaru ada beberapa kombinasi tombol yang bisa membuat panik bagi beberapa orang apabila menekannya tidak secara sadar atau tidak sengaja seperti berubahnya rotasi layar seperti pada gambar di bawah ini


Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengembalikakn tampilan di atas menjadi normal kembali, dan salah satunya adalah dengan menggunakan shortcut keyboard. berikut adalah cara mengubah rotasi layar pada Desktop.

Cara Pertama :
  1. Klik kanan pada desktop dan pilih screen resolution, seperti nampak pada gambar 
  2. Pada Orientation bisa di pilih sesuai dengan yang diinginkan sesuai dengan kebutuha dan pilih OK
Cara Kedua : 

Untuk cara kedua ini akan lebih mudah, karena kita hanya tinggal menekan beberapa kombinasi tombol pada keyboard. untuk mengembalikan tampilan layar pada gambar di atas kita bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Alt dan tombol arah (Ctrl+Alt+↑) maka rotasi tampilan layarpun akan kembali seperti semula. 

Demikian cara sederhana untuk mengatur rotasi pada desktop berbasis windows, semoga bermanfaat.

Popular Posts