Recover file yang terhapus atau terformat

Berawal dari pengalaman pribadi yang pernah mengalami kehilangan file yang terbilang penting akibat kecerobohan sendiri yang tidak sengaja telah memformat sebuah flash disk, akibat menjalankan sebuah script sederhana pada CMD yang keliru menetukan sebuah huruf drive pada saat mengetikan sebuah perintah format yang berujung hilangnya file-file yang bisa dibilang sangat pending menurut pribadi, karena hasil pengerjaan berbulan-bulan. ^_^

Setelah panik beberapa lama, dan melakukan berbagai usaha untuk mengatasi masalah yang saat itu sedang dihadapi, pada akhirnya menemukan sebuah aplikasi yang dirasa sangat membantu dalam menyelasikan masalah yang saat itu dihadapi. 


Banyak aplikasi recover file yang beredar di internet, namun beberapa aplikasi yang saya coba dirasa kurang maksimal dalam mengembalikan file yang di delete atau di format secara sempurna, walaupun sebenarnya untuk memulihkan file yang telah di delet atau ter-delete atau bahkan file yang hilang akibat tidak sengaja terformat sakalipun sebenarnya sangat jarang file bisa kembali seacara utuh, terutama pada file seperti file office seperti word, excel dan yang berextensi .exe apalagi video.

Dari hasil berberapa tools yang saya coba, pilihan saya jatuh pada aplikasi Recover My Files yang dirasa sangat membantu dalam memecahkan masalah yang biasa di hadapi ketika kehilangan sebuah file yang terhapus atau terformat saklaipun, dan untuk penampakan aplikasinya seperti pada gamabar di bawah ini.


Dalam penggunaannya kita tinggal memilih recover file dan kemudian menekan Next, selanjutnya pilih drive dimana file yang terhapus atau terdelet tersebut berasal, bisa dari HDD atau media penyimpanan data lainnya seperti Flashdik, MicroSD dan sebagainya, kemudian tinggal pilih Start. 
Untuk mengembalikan file gambar baik itu JPG, JPEG, GIF atau PNG, aplikasi ini sangat bisa diandalkan dalam memulihkan file yang hilang terhapus atau terdelete. Sebenarnya ada aplikasi lain yang bisa digunakan untuk mengembalikan File gambar atau foto yang berukuran kecil sehingga aplikasi sangat ringan saat digunakan, aplikasi tersebut bernama Recuva, dengan aplikasi recuva ini file gambar/foto yang telah terhapus atau terformat sekalipun kemungkinan besar bisa kembali dengan utuh, sehingga kita bisa menyelamatkan data yang sebelumnya telah terhapus.   

Popular Posts