Cek Data Ganda di Microsoft Offce Excel

Mengecek data duplikat sangatlah mudah dilakukan bila hanya mengecek beberapa data saja, lain halnya dengan mengecek beberapa data, puluhan ratusan atau mungkin ribuan data.

Pengecekan data perlu dilakukan untuk mendapatkan data yang benar-benar valid untuk selanjutnya dapat diolah menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat diuji kebenarnya.

Berbicara tentang data gada, mungkin cakupannya sangat luas. hal semacam ini bisa saja terjadi karena kelalaian pengguna Aplikasi Microsoft Office itu sendiri dalam melakkukan input data, atau mungkin dalam proses copy data.

Kejadian duplikat data, ini bisa saja terjadi saat proses editing data tapa disadari oleh pengguna Aplikasi Microsoft Office Ezxcel.

Sebagai contoh kita ambil data dari sekolah dan data siswa yang menjadi samplenya. Dari sekian banyak data siswa, terkadang ada saja data  nama siswa yang ganda, entah itu karena kesalahan input data, atau mungkin karena kesalah sistem.

Biasanya hal ini bisa terdeteksi, bila kita mengetahui data yang sebenarnya di lapangan dengan data yang ada pada file Aplikas Microsoft Office Excel terdapt selisih dalam jumlah. 

Bila data itu hanya puluhan, mungkin pengecekan data bisa saja dilakukan dengan manual, namun lain halnya dengan data yang begitu banyak, tentunya ini tidak bisa dilakukan dengan manual lagi, karena memerlukan waktu yang sangat lama, sedangkan dalam dunia kerja, tentunya kita di tuntut kerja cerdas, dengan lebih mengutamakan kecepatan dan ke akuratan data. 

Untuk mengecek data ganda pada Aplikasi Microsoft Office Word kita bisa memanfaatkan menu Conditional Formating yang terdapa pada menu Home. 

Dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut ini, kita bisa mengecek atau mengetahui keberadaan data ganda dengan menandai data tersebut, baik itu dengan cara memberikan warna pada cell yang terdapat data duplikat, memberi garis bawah, memberikan cetak tebal, miring, atau memberi bingkai pada cell, dan sebainya sesuai dengan yang kita inginkan.

Berikut langkah-langkah yang bisa kita lakukan :

1. Buka aplikasi Microsoft Office Excel
2. Buka file data yang akan di cek kemudian blok data tersebut (kolom nama)
3. Pada menu Home dan tab Styles pilih Conditional Formating    
4. Selanjutnya Pilih New Rurel...
5. Pada kotak dialog berikutnya pilih lah Format only unique or duplicate value
6. Pada format all pilih duplicate 
7. Atur format penandaan yang anda inginkan pada pada menu Format..


Bila anda menggunakan fill dan memberikan warna tertentu untuk menandai data yang duplikat, sebagai contohnya maka hasilnya bisa saja seperti nampak pada gambar di bawah ini; 


Demikian cara singkat untuk mengetahui atau mengecek duplikat data pada aplikasi microsoft office excel, dengan menggunakan menu Conditional Formating yang bisa dicoba dengan mengkreasikakn pemberian tanda yang anda inginkan.

Seteleh data ganda diperbaiki, maka tanda merah, atau garis bawah, atau mungkin tanda yang anda buat sedniri, akan hilang dengan sendirinya.

No comments:

Popular Posts