Menggunakan Fungsi Find and Replace di Microsoft Word

Ketika kita bekerja dengan Microsoft Office Word dan sudah membuat dokumen dengan begitu banyak halaman, atau mungkin kita dihadapkan dengan sebuah file yang akan dicetak, kemudian pada saat yang sama kita menemukan kesalahan dalam penulisan sebuah kata, kalimat atau bahkan mungkin nama yang sudah ditulis pada begitu banyak halaman dan kita harus memperbaiki kesalahan tersebut dengan cara yang benar dan cepat, tanpa memerlukan waktu yang lama.

Fungsi Find and Replace memungkinkan kita untuk mencari sebuah kata atau kalimat bahkan simbol untuk selanjutnya diganti dengan kata atau kalimat bahkan simbol yang baru, tanpa harus mencari secara manual pada setiap kata, kalimat atau paragraf.

Selain itu, kita juga dapat dengan mudah menggunakan fungsi Find and Replace untuk menghapus sebuah huruf, kata atau mungkin kalimat sekalipun.

Untuk menggunakan fungsi Find and Replace kita bisa melakukan dengna langkah-langkah seperti di bawah ini :

1. Buka Aplikasi Microsoft Office Word
2. Buka file atau dokumen yang akan di edit
3. Klik Home pada Tab Edit ada menu Find and Replace atau CTRL + H
4. Akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah


5. Pada Find what isi dengan kata, kalimat, atau simbol yang akan diganti (cari)
6. Pada Replace with isikan dengan kata, kalimat atau simbol pengganti
7. Kemudan klik Replace All 
8. Pada kotak dialog berikutnya klik saja OK 



Pada Kotak dialog cara no 8, kita dapat melihat berapa kata, kalimat, atau simbol yang telah di cari kemudian diganti dengan teks, kata, atau simbul yang telah kita masukkan pada kotak Replace with untuk penggantinya.

Pada kotak dialog Find and Replace di atas liat ada More >> disana kita bisa mengatur change Match Case, Match Kashida, Match diacritics dan sebagainya seperti nampak pada gambar di bawah ini


Cara seperti ini biasanya sangat berguna, ketika kita sudah membuat dokumen dengan berpuluh-puluh bahkan ber ratus-ratus halaman, seperti halnya saat mengedit makalah, Skripsi, atau bahkan mungkin RPP sekalipun yang bisa di jual secara online 😀 

No comments:

Popular Posts