Data Siswa Hilang setelah Update ARD 2.3.4

Pada beberapa waktu kebelakang, telah terdapat update-an Aplikasi Raport Digital (ARD) dari versi sebelumnya 2.3.3 menajadi versi 2.3.4.

Notifikasi muncul ketika kita sedang mengerjakan ARD 2.3.3 yang sedang terhubung ke internet. tentu saja kita berharap updatean ini akan membuat performa dari Aplikasi Raport Digital ini akan semakin baik lagi.

Karena rasa penasaran dan rasa ingin tahu yang begitu besar, saya pun mencoba melakukan update Aplikasi Raport Digital dari versi sebelumnya, ke versi yang baru yaitu versi 2.3.4. 

Proses update ini berlangsung sangat cepat, sehingga saya merasa tidak melakukan update-an 😁 , namun setelah melaukan update tersebut, saya pun sedikit panik dengan tampilan yang bersih pada data siswa.

Saya berpikir bahawa data siswa hilang setelah saya melakukan update Aplikasi Raport Digital dari versi 2.3.3 menjadi 2.3.4, tentu saja dengan rasa sedkit penyesalan, karena telah melukan update-an tesebut.

Saya cek pada menu dashboard jumlah data siswa sudah ditampilkan secara keseluruhan, sementara pada menu siswa, tidak ada data siswa satupun yang ditampilkan.

Karena rasa penasaran yang cukup tinggi, saya pun mencoba kembali mengupload data siswa melalui template file excel yang sudah saya siapkan, namun apa yang terjadi. Data siswa berhasil di upload dan muncul pesan yang mengatakan bahawa data sudah berhasil terupload, walaupun pada daftaran nama-nama siswa tetap saja tidak muncul, sementara itu pada menu dashboard siswa menunjukan penambahan jumlah dari sebelumnya ditambah dengan jumlah siswa yang barusan di upload lewat menu template file excel, hal ini tentu membuat saya semakin panik.

Hal ini tentu membuat saya berpikir untuk mengerjakan ulang pekerjaan yang sudah hampir selesai ini, dengan cara membuat file baru atau mesin baru pada virtualBox dengan file ARD.vdi yang masih fresh.

Namun rencana itu saya batalkan karena setelah saya coba-coba mecari jalan keluarnya, ternyata untuk menampilkan kembali Data siswa yang hilang setelah di update ke versi 2.3.4 caranya cukup mudah sekali.

Sebenarnya data siswa itu tidak hilang, namun data siswa tersebut cuman saja tidak tampil, dan untuk menampilkannya kembali kita bisa melakukan langkah sederhana sebagai berikut :

1. Login pada Akun Proktor ARD
2. Klik menu Konfigurasi dan pilih Konfigurasi Tahun Ajaran


3. Pilih Tahun Ajaran sebelumnya kemudian klik Atur  


4. Buka menu siswa , Sampai Tahap ini data siswa akan ditampilkan kembali
5. Klik menu Konfigurasi dan pilih Konfigurasi Tahun Ajaran
6. Pilih Tahun Ajaran yang sekarang dan klik Atur

Dengan langkah-langkah di atas, maka kita sudah bisa mengembalikan atau menampilkan kembali data siswa yang hilang setelah melakukan update Aplikasi Raport Digital dari versi 2.3.3 ke versi terbaru yaitu versi 2.3.4.

7 comments:

Rr. Dyah Pertiwi said...

assalamualaikum kak. adakah no kontak yang bisa saya hubungi.
ada yg ingin saya tanyakan perihal data saya yang hilang di ardira

Salam said...

waalaikumsalam, jenjang RA kah ?

willy said...

iy pk jenjang RA mohon bantuan saya ada kendala untuk login tidak bisa adahal sudah memasukkan usernam dan passord dgn benar, mohon bantuannya pak, wa saya 085265042883

Heni said...

Terimakasih sudah membantu

Salam said...

@Rr. dayah Pertiwi
kalau ardira biasanya ada di folder databasenya di drive C bisa di copas dr situ bu,

@willy
Coba sambil offline dulu paket data/wifi nya di offkan dulu

@heni
sama-sama... terimakasih telah berkunjung ke blog kami

Unknown said...

kak kemarin perangka/laptop di instal terus aplikasi juga ikut ke instal , apakah semua data ardira juga ikut hilang

Salam said...

Kalau tidak di backup terlebihdahulu, kemungkinan hilang,

Popular Posts