Aplikasi Pembukuan Konter sederhana

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang aplikasi pembukuan konter secara sederhana dengan menggunakan aplikasi excel, file ini saya buat atas dasar permintaan seorang teman lama sewaktu jaman SMA dulu, dimana sekarang dia membuka usaha dalam bidang perkonteran.😀

Aplikasi pembukuan konter yang saya buat ini sangatlah sederhana sesuai permintaan hanya pencatatan pada aktifitas input barang, pembelian, penjualan dan mengecek stok barang berikut dengan laporannya yang saya batasi pada penjualan kartu perdana dan vocher saja, walaupun sebenarnya bisa saja digunakan juga untuk transaksi pembelian dan penjualan pulsa. Namun karena sesuai permintaan, saya buatkan saja yang seperti ini. 😁

Saya juga sudah menyiapkan link download di bawah artikel ini dan untuk membuka file zipnya bisa menggunakan passoword  "salam487.blogspot.com" tanpa tanda kutip tentunya. 


Tampilannya begitu sangat sederhana saja, tujuannya adalah tidak lain untuk memudahkan pengguna dalam pengorasiannya, walaupun tampilannya sangat sederhana, mudah-mudahan saja aplikasi ini bisa membantu dalam pembukuan sebuah konter penggunanya.

Mari kita kupas aplikasi ini sampai tuntas.

Dalam aplikasi ini terdapat 4 menu yang saya siapkan di halaman pertama pada aplikasi pembukuan konter tersebut, antaralain menu Input Barang, Pembelian, Penjualan, Stok dan Rekapitulasi.

Input Barang 


Menu Input Barang merupakan menu yang disiapkan untuk pemilik konter bisa mengisi jenis barang apa saja yang akan dijual, karena pada aplikasi ini menitik beratkan pada penjualan kartu perdana dan voucher kuota, maka disini pengguna dapat mengisikan jenis operator dan kartu perdana atau voucher yang akan dijual di konter tersebut berikut dengan ukuran voucher yang akan dijual, kurang lebih pengaplikasian dalam penginputannya seperti pada gambar di bawah ini 


Pada gambar di atas terlihat ada kolom operator yang terdapat pada kolom D, yang harus di input sesuai dengan nama jenis kartu atau voucher yang tersedia. 

Selanjutnya di samping kolom Operator terdapat beberapa kolom yang berisi dengan jenis atau ukuran kartu perdana atau voucher yang tersedia pada konter tersebut, semuanya di input pada tiap kolom sesuai dengan judul dari tiap kolom masing-masing. 

Pembelian 


Menu pembelian barang ini diisi ketika pemilik konter melakukan pembelian barang sesuai dengan barang yang dibeli pada waktu tertentu. 


Pada menu pembelian ini, pemilik konter mengisi tanggal pembelian, kemudian jenis operator ini sudah otomatis sesuai dengan yang diisikan pada menu input barang sebelumnya, jadi pemilik konter tinggal memilih sesuai dengan barang yang dibeli. 

Selanjutnya kolom jenis juga sama menyesuaikan secara otomatis, kolom satuan di isi secara manual sesuai kebutuhan, sebenarnya ini opsional saja, bisa di isi atau tidak. 

Kemudian jenis transaksi ini otomatis akan terisi, selanjutnya jumlah kolom beli ini yang akan menentukan ketersedia barang pada konter tersebut maka diisi sesuai dengan jumlah barang yang dibeli, harga beli dan harga jual ini diisi secara manual sesuai degan barang yang kita beli pada saat itu.

Penjualan


Menu penjualan ini diperuntukan untuk pengisian data transksi penjualan barang, pemilik konter tinggal mengisikan kegiatan tansaksi penjulan barang pada menu ini, dimana penginputan bisa dilakukan secara rekap harian, atau mungkin penginputan sesuai transaksi yang terjadi pada saat itu juga.

Pada menu transaksi pemilik konter tinggal memasukkan tanggal transaksi pada saat transaksi terjadi, kemudian memilih jenis operator dan jenis barang yang terjual secara otomatis, maka pada kolom berikutnya akan ditampilkan jumlah ketersediaan dari jenis barang tersebut. (jumlah didapt dari menu pembelian barang yang telah diisi pada menu pembelian),  kemudian jenis transaksi akan terisi secara otomatis berisi kata "keluar", kemudian yang terpenting disini adalah isikan secara manual jumlah barang yang terjual pada saat itu di kolom jumlah jual, selanjutnya kolom-kolom berikutnya akan terisi secara otomatis sesuai data awal yang telah kita masukkan sebelumnya.


Pada menu penjualan ini sebanrnya kita sudah bisa melihat jumlah ketersediaan barang yang ada sesaat setelah melakukan transaksi penjulan dengan mengisi jumlah jual pada kolom G di menu penjualan tersebut, ini sengaja saya tampilkan, agar pemilik konter juga tidak harus mengecek ketersedian barang secara satu persatu saat akan melakukan transaksi penjualan.

Stok


Menu Stok barang ini saya buat bertujuan untuk menampilkan ketersedian barang secara keseluruhan, maksudnya ketersedian barang yang ada di menu Stok ini adalah barang yang sudah dibeli atau barang yang sudah diinput pada menu pembelian kemudian dikurangi jumlah barang terjual yang diinput pada menu penjualan dan ini akan terisi secara otomatis.

Pemilik konter dapat mengecek ketersedian barang mana yang sudah menipis, disini saya berikan tanda pada barang yang sudah benar-benar menipis atau ketersediannya sedikit lagi, dengan memberikan warna merah pada jumlah ketersediaan 5 atau mungkin dibawah 5 buah.


Dengan demikian pemilik konter dapat mengetahui, stok mana yang harus ditambah lagi ketersediannya, dengan melakukan pembelian barang yang kemudian harus diinput lagi pada menu pembelian tentunya.

Rekapitulasi


Menu rekapitulasi adalah menu yang terakhir yang akan kita bahas ini, merupakan menu yang disediakan untuk menampilkan rekap data transaksi dari sebuah aplikasi ini, dimana kita akan melihat data dari jenis operator dan jenisnya juga ketersedian barang yang ada sampai data terakhir kita buat.

Di menu rekpaituasli ini, kita juga sudah dapat melihat stok barang dan selsih dari harga beli dan harga jual pada tiap jenis produk yang terjual, tentunya sudah menampilkan laba yang diinginkan sesuai dengan pembukuan yang direncanakan ✊


Demikian pembahasan dari sebuah aplikasi pembukuan konter yang sangat sederhana, untuk bahan pembelajaran atau percobaan utnuk penembangan, file excelnya bisa di download di sini

No comments:

Popular Posts