Mengatasi Head Printer Epson R230x Mampet

Printer Espon R230x merupakan seris petinter yang memiliki kualitas cetak yang lumayan bagus dalam mencetak photo, apabila didukung dengan tinta yang berkualitas tinggi, tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda saat anda mencetak photo dengan printer tersebut.

Perawatan printer ini sebenarnya sangatlah sederhana, hampir sama dengan printer-printer pada umumnya, namun kualitas tinta yang kita gunakan sangatlah mempengaruhi terhadap kesehatan head printer yang kita gunakan, dalam hal ini printer epson R230x.

Beberapa waktu lalu saya mencoba mengisi tinta pada printer epson R230x ini yang memang sudah beberapa tahun tidak digunakan dan tinta dalam keadaan kosong.

Saat mengisi tinta ditemukan beberapa kendala, salah satunya tinta tidak mau tertatik ke dalam ciss walaupun sudah menggunakan menu head cleaning di Laptop/PC.  Setelah melakukan berbagai cara, barulah tinta bisa masuk kedalam ciss tapi tidak keluar saat mencoba mencetak di media kertas mungkin penyumbatan terjadi pada head printer tersebut, maklum  sudah beberapa tahun tidak digunakan.

Rumah Head Epron R230x

Setelah mencoba membuka head printer epon R230x tersebut saya mendapati tinta sudah mengering di pinggir head dan menggumpal begitu banyak mungkin ini yang menyebabkan terhalangnya tinta saat mau melakukan pencetakan ke kertas.

Cara Mengatasi Head Mampet


Untuk mengatasi head mampet dengan cara yang saya rasa paling aman adalah dengan merendam head dalam cairan had clener dalam beberapa waktu sesuai dengan kebutuhan, agar tinta yang menggumpal dan menyumbat pada head dapat luntur dan mencair kembali, sehingga head diharapkan akan kembali normal dan dapat digunakan kembali seperti biasanya.

Perendaman Head Epson R230x

Walaupun banyak cara atau teknik dari beberapa teknisi printer yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah head mampet, namun cara ini yang saya pilih karena hasilnya sesuai dengan yang diharapkan 😀

Teknik Perendaman Head


Beberapa cara yang digunakan tentunya akan mempengaruhi pada hasil yang diinginkan, walau begitu semua teknik itu harus ditunjang dengan kualitas cairan pembersih yang digunakan, karena banyaknya jenis cairan pembersih head yang beredar dipasaran atau mungkin racikan kita sendiri yang begitu ampuh untuk mengatasi masalah head mampet ini, namun disisi lain mungkin saja  kurang baik terhadap kesehatan head itu sendiri, tentunya ini hal yang harus diperhatikan. Jadi sebelum melakukan perendaman head, gunakanlah cairan yang benar-benar berkualitas tinggi agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diinginkan.

Hasil Print Tidak Keluar


Setelah melakukan perendaman dan pastikan sebelum dipasang kembali pada rumah head, kondisi head printer tersebut sudah benar-benar kering dari cairan pembersih, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan tentunya 😀

Setelah dipastikan head sudah dalam keadaan kering, dan siap dipasangkan kerumah head, perhatikan saat pemasangan harus benar-benar seperti saat head dibuka. Maksudnya, semua atribut harus terpasang kembali seperti sebelum head dibuka. Karena hal-hal kecil kadang suka terlupa sehingga tidak terpasang tentunya ini akan menimbulkan masalah baru.

Seperti yang saya alami, saat semuanya dirasa sudah benar saat pemasangan dan tidak ada hal yang telewarkan, maka saya melakukan pengecekan untuk print pertama kalinya, namun apa yang terjadi, kertas keluar dengan hasil yang putih bersih tanpa ada noda tinta yang seharunya mengotori kertas tersbut dengan bentuk tulisan yang ada di laptop saya 😀   

Karena penasaran saya pun membongkar kembali head rumah head tersebut dan mendapti kabel data pada head terlepas seperti nampak pada gambar

Kabel Data terlepas


Untuk mengatasi masalah ini, tentu kita tinggal memasang kemabli kabel data yang terlepas tesebut pada head printer, dan dengan cara ini maka masalah hasil cetak tidak keluarpun sudah terselesaikan dengan baik, hasilnya printer dapat mencetak teks seperti pada laptop 😀

Hasil Print Bergaris warna


Dengan kasus ini saya pernah dibuat panik, karena ini adalah hal yang pertama bagi saya, setelah beberapa lama menangani masalah printer.

Hasil print bergaris warna

Hasil print hanya menampilkan blok beberapa warna yang melintang dari kiri dan ke kanan mengikuti hasil cetakan teks yang di print.

Setelah melakukan beberapa cara, ternyata ditemukanlah penyebab dari hasil print seperti pada gambar di atas ini adalah karena kabel data pada head mengalamu kerusakan terutama pada bagian tembaganya yang harusnya masuk ke dalam head.

Untuk mengatasi masalah ini, sebelum mengganti kabel data, kita bisa memperbaikinya dengan cara merapihkan kembai agar tembaganya benar-benar seperti semula. Pada gambar di atas (Kabel Data Terelepas)  terlihat bagian ujung pin pada kabel data tersebut sudah agak rusak, dan bila dipaksakan maka hasilnya tentu bisa seperti yang saya alami ini.

Banyak tenik untuk mempebaiki maslah kabel data yang rusak seperti ini, sebagian teknisi menggunting bagi yang rusak, ada juga dengan membuat pin baru dengan cata di amplas pada bagian kabel yang masih tertutup lapisan pelindung kabel.

Demikain beberapa masalah yang saya temui saat mengatasi masalah head mampet. Segala kemungkinan bisa terjadi saat melakukan perbaikan A, terkadang bisa muncul masalah B seperti yang sata alami di atas dan cara mengatasinya 😀

No comments:

Popular Posts