Data Di Flashdisk Hilang Kapasitas Terpakai

Flashdisk merupakan media penyimpanan data yang saat ini dirasa sangatlah memenuhi kebutuhan setelah HDD Portable, dengan mobilitas yang tinggi, pertukaran data sangatlah tidak dapat dielakkan dalam keseharian kita. Kehadiran Flashdisk tentunya membawa dampak yang luar biasa dalam hal penggunaan atau pertukaran data, semakin berkembangnya teknologi yang digunakan membuat fungsi, cara kerja dan kapasitasnya pun semakin mempuni.

Hampir setiap orang tentunya sudah pernah menggunakan Flashdisk, baik digunakan untuk pertukaran data, sebagai media hiburan pengganti CD/DVD untuk memutar MP3 atau mungkin Video, baik dalam penggunaannya di Laptop, PC atau media hiburan lainnya, seperti TV, DVD dan sebagainya. Dengan pertukaran data yang tidak dapat dielakkan lagi, banyak hal yang mugkin terjadi pada data-data yang terdapat pada flashdisk yang kita gunakan, sebagai contohnya menjadi media perpindahan virus dari satu PC ke PC lainnya, bukan hanya itu ketika virus meyerang sistem operasi Laptop atau PC yang kita gunakan tentunya ini akan menjadi sebuah masalah, bisa-bisa Laptop atau PC kita mengalami kerusakan sistem operasi dan jika sudah parah maka mungkin saja tidak bisa digunakan.

Namun semua itu tidak akan terjadi, bila kita berhati-hati dalam menggunakan flashdisk, dan selalu memperhatikan hal-hal yang dapat memicu hal tersebut terjadi, mungkin kita bisa mengantisipasinya dengan memasang antivirus pada PC atau Laptop kita, sehingga dapat meminimalisir kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan. 

Data Di Flashdisk Hilang KapasitasTerpakai ?

Mungkin hal ini pernah dialami oleh sebagian dari kita, ketika kita mengkopi atau menyalin data dari PC atau laptop lain, kemudian saat kita cek di laptop atau PC kita isi flashdisk menjadi kosong, sedangkan kapasitas terpkai. Hal ini bisa jadi karena flashdisk kita terjangkit virus atau mungkin flashdisk kita rusak, karena mungkin ketiak proses mengkopi atau menyalin data flashdisk kita mengalami kerusakan.

Sebelum memutuskan untuk melakukan format pada flashdisk kita, ada baiknya kita cari tau dulu apakah hal tersebut terjadi karena virus atau bukan, kalau memang itu terjadi karena virus, maka kita bisa mengembalikan data-data yang ada pada flashdisk kita.

Bila hal ini terjadi oleh virus, sebenarnya folder atau file-file yang ada pada flashdisk kita masih ada, namun, virus mengubah atributnya menjadi superhiden sehingga pada settingan PC atau Laptop yang tidak menampilkan file atau folder yang terprotek, maka file atau folder yang berada di flashdisk tidak akan muncul.

Untuk mengmabilakan data baik itu file atau folder pada flashdisk yang hilang, sebenarnya kita bisa melakukan beberapa hal seperti berikut 

Pertama

Kita bisa menggunakan cara termudah, yaitu dengan cara menscan dengan mengunakan antivirus, biasanya antivirus lokal sudah sangat pas untuk hal ini. Anda tinggal download antivirus yang akan anda gunakan untuk menscan flashdisk, bisanya saya menggunakan smadav.

Kedua 

Apabila kita tidak memiliki antivirus, sebenarnya kita bisa menggunakan pasilitas yang disedikan oleh windows (kalau kita menggunakan sistem operasi windows). kita tidanggal mengubah settingan pada Folder Options di explorer menjadi seperti ini 


Dan kita juga bisa menggunakan pasilats CMD 
caranya : 

1. Buka CMD, tekan tombol windows di keyboard dengan huruf R secara bersamaan 
2. Setelah muncuk kotak dialog CDM kita arahkan terlebih dahulu drive nya, misalkan
    flashdisk     kita itu adalah drive E,  maka kita arahkan ke drive E dengan mengetik
    E: tekan enter
3. Ketik perintah attrib -s -h -r /s /d  tekan enter
4. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai 

Dengen demikian, maka file atau folder yang hilangpun lebih tepatnya tersembunyi akan tampil kembali seperti semula, dimana yang terjadi adalah kita mengembalikan kembali atribut yang file atau folder yang telah diubah oleh virus menjadi seperti semula.

No comments:

Popular Posts