Pencegahan Penyakit Menular Secara Umum

Mempertinggi nilai kesehatan

Cara meningkatkan nilai kesehatan dapat ditempuh melalui dua cara yaitu melalui usaha kesehatan (higiene) perorangan dan usaha kesehatan lingkungan (sanitasi).

Memberikan vaksinasi/imunisasi 

Cara ini merupakan usaha untuk memberi perlindungan khusus terhadap tubuh agar terhindar dari serangan penyakit. Jadi, metode ini merupakan upaya untuk pengebalan tubuh. Ada dua macam pengebalan, yaitu pengebalan aktif dan pasif. Pengebalan aktif, yaitu cara pengebalan tubuh dengan cara memasukkan vaksin, yaitu bibit penyakit yang telah dilemahkan. Dengan adanya bibit penyakit ini, tubuh orang yang diberi pengebalan akan dipaksa untuk membuat antibodi. Apabila tubuh orang tersebut diserang oleh penyakit yang bersangkutan maka antibodi yang ada di dalam tubuh akan melawan penyakit tersebut sehingga ia akan terhindar dari sakit. Contoh pemberian pengebalan aktif adalah pemberian vaksin BCG, DPT, Campak, dan Hepatitis Pengebalan pasif, yaitu cara pengebalan tubuh dengan cara memasukkan serum, yang telah mengandung antibodi. Serum ini didapatkan dengan cara menyuntikkan bibit penyakit yang telah dilemahkan kepada hewan percobaan sehingga hewan tersebut membuat anti toksin. Kemudian, serum darah hewan percobaan yang mengandung anti toksin inilah yang diambil untuk diberikan kepada seseorang agar ia mendapat pengebalan. Contoh pemberian pengebalan pasif adalah pemberian ATS (Anti Tetanus Serum).

Pemeriksaan kesehatan berkala 

Pemeriksaan kesehatan berkala merupakan suatu upaya untuk mencegah munculnya atau menyebamya suatu penyakit. Melalui upaya ini, kemungkinan munculnya wabah dapat dideteksi sedini mungkin. Di samping itu, melalui upaya ini, masyarakat akan mendapatkan pengarahan rutin yang berkaitan dengan perawatan kesehatan, penanganan suatu penyakit, usaha mempertinggi nilai kesehatan, dan mendapatkan vaksinasi. 

No comments:

Popular Posts