Mengubah Format Teks Menjadi Tanggal

Dalam Ms. Excel sering kita jumpai dalam penulisan tanggal ada banyak sekali Form/aplikasi yang mengharuskan kita untuk menginput data tanggal dengan menggunakan format teks, atau kita sering menjumpai hal tersebut pada file excel hasil dari export dari suatu aplikasi yang berbasis Delphi, VB atau Foxpro ke dalam format xls atau xlsx.

Untuk mempermudah suatu pekerjaan pada data tersebut, kadang kita memerlukan format teks pada penulisan tanggal di ubah menjadi format tanggal atau date, hal ini diperlukan untuk kecepatan dan ketepadan data yang kita olah nantinya, ini biasanya digunakan dalam hal seperti, penentuan masa kerja karyawan, usia karyawan, atau kalau disekolah menghitung usia siswa, dan untuk mempermudah pengkategorian dalam usia siswa,

Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengubah teks dalam MS. Excel menjadi format date atau tanggal, salah satunya adalah dengan menggunakan menu yang ada di Ms. Excel, dan untuk lebih jelasnya kita akan lakukan pengubahan data teks menjadi date pada Ms. Excel, dengan langkah-lagkah yang bisa kita lakukan adalah:

  1. Membuka file Excel yang akan kita edit 
  2. Blok pada cell atau column yang akan kita ubah 
  3. Kemudian pilih menu Data pada sub menu Data Tools kemudian pilih Text to Columns sampai muncul kotak dialog
  4. Pilih next sebanyak 2x
  5. Sebelum menekan Finish pilih Date pada Column data Format sesuaikan dengan kebutuhan, misalkan kita menggunakan DMY dan kemudian Finish.
Maka sampai tahap ini pengubahan format dari tesk menjadi date sudah selesai, kita bisa mengubah format penulisan dari tanggal seperti 11/05/2005 menjadi 11 Mei 2005 atau sesuai yang kita inginkan. Bila kita ingin menghitung usia atau umur bisa mengikuti cara di bawah ini 

Menghitung Umur atau Usia dengan MS. Excel

No comments:

Popular Posts