Cara Membuat Shortcut Shutdown

Dalam proses mematikan PC, Netbook atau Notebook biasanya kita memerlukan beberapa langkah dan membutuhkan waktu menunggu beberapa saat sampai proses shutdown pada PC, Netbook atau Notebook benar-benar telah selesai sehingga PC, Netbook atau Notebook benar-benar mati. sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat proses shutdown dari beberapa langkah menjadi lebih singkat, namun pada kali ini kita akan membuat shortcut shutdown untuk mempercepat tahapan proses shutdown. 

Dengan adanya shorcut shutdown ini bisa mempersingkat tahapan proses shutdown dengan cara double klik pada ikon (shortcut) shutdown saja maka proses shutdown sudah beralangsung, tentunya ini akan berguna bila bagi bebrapa pengguna yang memerlukan waktu singkat dalam proses shutdown pada PC, Netbook atau Notebooknya. 

Dalam pembuatan shortcut shutdown ada beberapa cara yang bisa digunakan, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi yang sudah tersedia pada windows yaitu Notepad, dengan sebaris perintah yang diketikan pada notepad kemudian disimpan dengan extensi bat, maka sebenarnya kita sudah bisa membuat shortcut shutdown yang siap digunakan, namun shortcut shutdown yang dibuat dengan menggunakan notepad, pada windows 8 biasanya harus dijalankan pada option run as administrator. Namun untuk lebih jelasnya disini kita akan membuat shortcut shutdown dengan dua cara, yaitu dengan cara membuat dari notepad dan dengan cara langsung membuat shortcut di layar  descktop. 

Berikut beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk membuat shortcut shutdown :

Cara Pertama 

Pada cara Pertama ini kita akan membuat shortcut shutdown dengan menggunakan notepad

  1. Buaka Notepad, bisa menekan tombol windows + R pada keyboard setelah muncul kotak dialog run ketikkan notepad kemudian tekan enter, maka notepad akan terbuka.
  2. Setelah aplikasi notepad terbuka maka kita ketikan printah sederhana pada notepad yaitu ketik shutdown -s -f -t 0  kemudian Save
  3. Pada file name beri nama shutdown.bat
  4. Jangan lupa pada save as type pilih all files (*.*)
  5. Simpan di Drive D, E, atau F 
  6. Sehingga akan tampak seperti pada gamabar di bawah ini 
  7. Kemudian klik kanan pada file Shutdown.bat tersebut  dan pilih Send to ~> Desktop (Creat shortcut).
  8. Maka di Desctop akan muncul seperti pada gambar di bawah ini
  9.  Klik kanan pilih properties Pada Tab Shortcut pilih advance dan ceklis pada run as administrator (dengan tujuan bisa jalan di win 8), Selanjutnya change ikon dan ganti ikonnya sesuai dengan yang diinginkan 
  10. Kemudian pada tab General ganti namanya menjadi shutdown saja terakhir klik OK.
 

 Cara Kedua 

1. Klik kanan pilih New pilih Shortcut



2. Pada Type the location of the item ketikan perintah Shutdown -s -f -t 0 kemudian klik Next
3. Kemudian pada Type a name for this shortcut edit namanya menjadi shutdown dengan menghapus  .exe kemudian klik Finish.
4. Kemudian pada Desktop akan tampil seperti pada gamabar

5. Kemudian klik kanan dan pilih properties pada tab shortcut pilih Change ikon dan kemudian ganti ikonya sesuai dengan yang diinginkan, pada advance pilihi run as administrator
6. Terakhir klik OK, sampai saat ini pembuatan shortcut shutdown sudah selesai

Untuk sek;
 edar tambahan bisa pada scrip yang dibuat tadi ada perintah
-s : perintah untuk shutdown
-f : merupakan opsi
-t : untuk menentukan waktu

Popular Posts