Membuat macros di MS Word 2010

Macros adalah salah satu fasilaitas yang dimiliki oleh Microsof Office, biasanya kita menemukan fasilitas ini pada aplikasi MS. Word dan MS Excel yang biasa digunakan untuk membantu  mempermudah atau memepecepat suatu pekerjaan terutama bagi anda yang memiliki mobilitas yang cukup tinggi. Pada kesempatan kali ini kita akan membuat maros secara sederhana pada MS Word 2010 dengan menggunakan macro recorder, diamana cara membuat dan penggunaanya sangat mudah sekali.

Dalam pembuatan macros pada MS word 2010, sebenarnya ada dua cara yang bisa digunakan untuk membuat macros, yang pertama menggunakan macro recorder dan editor visual, dimana untuk menggunakan editor visual tentunya kita setidaknya harus memahami bahasa pemograman visual basic yang biasanya digunakan para programer untuk membuat sebuah aplikasi. ^_^


Penggunaan hasil dari pembuatan macros pada MS word ini dirasa sangat bermanfaat terutama bagi saya yang gampang sekali lupa, seperti untuk mengetikan NIP beberapa orang yang biasa saya inputkan pada saat saya membuat suah surat yang harus menyantumkan NIP dalam surat tersebut. Dengan bantuan macros ini, hal tersebut bisa di atasi, karena saya cukup menekan kombinasi tombol yang sudah di setting pada pembuatan macros sebelumnya. 

Berikut cara membuat Perintah Macros dan penggunaanya pada aplikasi MS Word 2010

1. Buka terlebih dahulu aplikasi MS Word 2010
2. Klik Menu View dan pilih Macros 
3. Pada Drop Down klik Record Macro, sehingga muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah 

4. Pada Kotak Macro name, anda bisa mingisikan nama macro yang anada buat sesuai yang anda inginkan. Pada tore macro in: kita pilih yang All Documens (Normal.dotm) saja karena kita akan membuat perintah macro ini bisa dipanggil pada seluruh dokumen. kemudian klik pada Keyboard. selanjutnya akan muncul seperti kotak dialog di bawah 

5. Pada Press new shortcut key kita bisa memasukan kombinasi tombol keyboard yang akan kita gunakan untuk pemanggilan perintah macro tersebut. pada kali ini saya mengkombinasikan tombol ALT+Z, kalu sudah di tentukan kombinasi tombol tersbut kemudian kita klik Assign, kemudian Close. 

Sampai disini pointer pada keyboard akan menunjukan bahawa kita telah siap untuk memasukan perintah yang nantinya akan direkam. pada kali ini saya akan merekam NIP yang biasanya saya lupa untuk mengingat urutan nomor-nomornya. 

6. Ketikan NIP yang akan rekam dan setelah selesai mengetikan NIP yang kita maksud selanjutnya klik kembali pada drov down macros dan pilih stop recording. dan pembuatan macros sudah selesai.

Memanggil Perintah Macro yang telah dibuat 

Untuk memanggil perintah macro yang telah kita buat tadi, maka kita cukup menekan kombinasi tombol ALT+Z , maka secara otomatis NIP yang biasanya kita ketik manual, kini muncul dengan sempurna tampa harus mengetik manual kembali. ^_^

Popular Posts