Mencari Lokasi File Hasil Pencarian di Komputer/Laptop

Memiliki komputer atau laptop yang memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar memang sangat memanjakan pemiliknya dalam segi keleluasaan dalam menyimpan berbagai macam file dalam berbagai format.

Dengan dukungan media penyimpanan yang cukup besar dan kemampuan menampung berbagai macam file yang sangat banyak, tentunya akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menunjang berbagai kebutuhan, seperti multimedia, hiburan, pekerjaan dan sebagainya.

Banyaknya data yang terdapat pada media penyimpanan komputer atau laptop bila tidak dimanage dengan baik, tentunya ini akan menjadi sebuah masalah tersediri.

Seperti halnya kita menyimpan sebuah file pekerjaan yang menggunakan aplikasi microsoft office dengan extensi .doc .xls atau mungkin ppt  atau dengan aplikasi versi terbaru sekalipun yang extensinya menjadi .docx .xlsx. pptx dan seterusnya. Bila tidak dimanage dengan baik, bisa saja kita menyimpan file tersebut di drive tertentu dengan lokasi forlder tertentu, walaupun memang secara default saat disave file tersebut akan tersimpan pada forder Document yang berlokasi di drive C.

Karena banyaknya file yang berada di sebuah Laptop atau komputer dan tidak termanage dengan baik, bisa saja saat kita lupa menyimpan file yang sedang  kita butuhkan, beruntuk bila kita masih ingat dengan nama file tersebut, kalu tidak kita harus mencarinya secara manual.

Mencari Sebuah File di Laptop atau Komputer

Untuk mencari file yang inging kita temukan dan kita tau nama file yang akan kita cari, maka caranya adalah sebagai berikut 

1. Buka explorer pada laptop atau komputer 
2. Tentukan drive yang akan kita lakukan pencarian (untuk mempercepat)
3. Pada sudut kanan atas ada sebuah textbox pencarian dengan tulisan Search New Volume


4. Masukkan nama file yang akan dicari dan tekan enter
5. Tunggu beberapa saat sampai file yang kita cari benar-benar ditemukan 

Menemukan Lokasi File Hasil Pencarian

Apabila file hasil pencarian sudah ditemukan dan kita ingin mengetahui lokasi file tersebut berada, maka kita bila melukan hal sebagai berikut 

1. Klik kanan pada file hasil pencarian 
2. Kemudian pilih Open File Location dan klik 


3. Maka akan terbuka lokasi file tersebut berada.

Dengan cara di atas, maka kita sudah data mencari sebuah file yang kita sendiri lupa menyimpannya dimana, dan sekaligus menemukan lokasi file tersebut berada.

No comments:

Popular Posts